Kamis, 26 September 2013 - 08:11 WIB
Menteri PAN-RB: 6 K/L Ajukan Restrukturisasi Organisasi
Oleh : DESK INFORMASI
- Dibaca: 977 kali



Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengemukakan, ada 6 Kementerian/Lembaga (K/L) yang atas inisiatif sendiri mengajukan permohonan restrukturisasi organisasi, dengan harapan agar K/L tersebut lebih ramping.

Keenam K/L yang mengajukan permohonan restrukturisasi itu, kata Azwar,  adalah Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian BUMN.

“Ada angin segar dalam reformasi birokrasi di bidang kelembagaan ini, karena ada enam kementerian/lembaga yang berinisiatif mengajukan restrukturisasi organisasinya,” kata Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengomentari permohonan keenam K/L itu dalam rapat pemaparan hasil audit oleh konsultan di Kementerian PANRB Jakarta, Rabu, (25/9).

Azwar menyebutkan,  Kementerian BUMN tinggal 3 deputi. “Sudah saya paraf, dua minggu lalu sudah ke Presiden. Yang lainnya sudah berinisiatif. BKKBN, minta dibantu konsultannya karena enggak ada uang. Jadi kemajuan ini sudah ada enam lagi yang mau right sizing,” ujar Azwar.

Menteri PAN-RB menegaskan, pemerintah akan terus melakukan perampingan organisasi K/L, dan ditargetkan dalam bulan November 2013 ini, perampingan organisasi 16 K/L bisa diselesaikan. Ia menyebutkan, sebelum ini sudah diterbitkan Peraturan Presiden terkait perampingan organisasi, yaitu untuk Kementerian PAN-RB,  yang jumlah deputinya dari enam menjadi 4, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Sementara itu Tim Restrukturisasi itu yang antara lain terdiri atas Sarwono Kusumaatmadja, Rhenald Kasali, Sofyan Effendi, Eep Saefullah Fatah, Edy Purwanto, Nasaruddin, Dwi Wahyu Atmaji telah memaparkan hasil audit konsultan untuk tiga K/L, yaitu adalah Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sedangkan audit untuk 10 instansi masih berjalan, dan diharapkan secepatnya selesai.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menilai, semakin banyak K/L yang berinisiatif lakukan perampingan akan semakin baik untuk reformasi birokrasi. “Evaluasi ini bukan hanya soal mengurangi jumlah struktur, tapi kadang-kadang overlapping tugas. Itu yang harus kita luruskan.  Ini sangat penting juga,” tandas Azwar yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo. (Humas Kementerian PAN-RB/ES)