Rabu, 17 Agustus 2011 - 12:58 WIB
Presiden SBY Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-66 Kemerdekaan RI di Istana
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 2385 kali



Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kemerdekaan Republik Indonesia, di halam Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8). Upacara ini diikuti oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, Herawati Boediono, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, dan pejabat-pejabat negara lainnya.

Selain itu hadir pula keluarga mantan Presiden RI, di antaranya Guruh Sukarnoputra, Sukmawati Sukarnoputri, Siti Hediati (Titik Soeharto), dan Yenny Wahid (putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid). Sedang nantan Wakil Presiden yang hadir adalah Try Sutrisno, Hamzah Has dan Jusuf Kalla, semuanya beserta istri masing-masing.

Upacara dimulai dengan peringatan detik-detik proklamasi tepat pada pukul 10.00 WIB, lalu diiringi bunyi sirene dan 17 kali dentuman meriam. Setelah itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI. Sementara pembacaan doa dipimpin oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas menaikkan  bendera Merah Putih adalah Hario Wibowo (siswa SMAN 1 Yogyakarta), pembentang bendera Angga Gerlyan Luempow (siswa SMAN 1 Tahuna, Sulawesi Utara), dan pembawa baki Muvida Pratiwi Fallugah (siswa SMAN 1 Gorontalo).

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Laut (P) Yeheskiel Katiandagho, yang menjabat Dan Kopaska Armada Timur TNI-AL.

Sebelumnya pada Rabu (1/8) dinihari pukul 00.00, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin upacara malam Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan. Hadir dalam acara ini Ibu Negra Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, beserta istri Herawati Boediono

Presiden menyampaikan rasa hormat dan belasungkawa kepada arwah para pahlawan yang telah berpulang. "Kami yang hadir hari ini, Rabu 17 Agustus 2011 menyatakan rasa hormat kepada para arwah pahlawan," ujar Presiden dalam pidatonya.

(es)