Selasa, 17 April 2012 - 09:01 WIB
Usia Pensiun Auditor dan Arsiparis Bisa Diperpanjang Jadi 60 Tahun
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 4763 kali


Dalam upaya pembinaan profesi, karir dan peningkatan pengabdian Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menduduki jabatan fungsional auditor dan jabatan fungsional arsiparis, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tanggal 12 April lalu, telah menandatangani Peraturan Presiden yang memungkinkan pemegang kedua jabatan itu memperoleh perpanjangan usia pensiun menjadi 60 tahun.

Pada Peraturan Presiden Nomor 41 Tahun 2012, Presiden SBY mengubah batas usia pensiun PNS yang menduduki Jabatan Fungsional  Auditor. Sesuai Pasal 1 Perpres ini, batas usia pensiun PNS yang menduduki  Jabatan Fungsional  Auditor dalam Jenjang Madya dan Jenjang Utama usia pensiunnya dapat diperpanjang sampai dengan 60 (enam puluh) tahun.

“Ketentuan lebih lanjut yang diperlukan bagi pelaksanaan Peraturan Presiden ini diatur oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara,” bunyi Pasal 2 Perpres Nomor 41 Tahun 2012 itu.

Sementara perpanjangan usia pensiun Jabatan Fungsional Arsiparis tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2012 yang ditandatangani Presiden SBY pada 12 April ini. Pada Pasal 1 Perpres ini disebutkan, bahwa PNS yang menduduki Jabatan Fungsional Arsiparis dalam Jenjang Madya dan Jenjang Utama, batas usia pensiunnya dapat diperpanjang sampai dengan 60 (enam puluh) tahun.

“Ketentuan lebih lanjut yang diperlukan bagi pelaksanaan Peraturan Presiden ini diatur oleh Badan Kepegawaian Negara,” bunyi Pasal 2 Perpres tersebut.

Kedua Perpres yang membuka peluang perpanjangan usia pensiun untuk jabatan fungsional auditor dan  arsiparis itu berlaku sejak diundangkan pada  tanggal 12 April 2012. (Pusdatin, ES)