Jumat, 27 April 2012 - 08:22 WIB
ABAC Indonesia Siap Sukseskan KTT APEC 2013 di Bali
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 1376 kali


Indonesia akan menjadi tuan rumah APEC Business Advisory Council (ABAC) dan KTT APEC XXI yang digelar di Bali pada bulan Oktober 2013. Untuk itu, ABAC Indonesia telah mengambil langkah–langkah untuk menyukseskan event tersebut.

Ketua ABAC Indonesia John A. Prasetio dalam laporannya kepada Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyebutkan, pada even ABAC 2013 itu, ABAC Indonesia akan menyelenggarakan dialog antara anggota ABAC dengan pimpinan APEC, menyampaikan rekomendasi ABAC kepada para menteri terkait,  dan mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan APEC CEO Summit.

“ABAC Indonesia sedang menyiapkan tema ABAC 2013 yang akan diumumkan dalam pertemuan ke-IV ABAC 2012 di Vladivostok, Rusia, pada 3-6 September,” tutur John.

Beberapa opsi tema yang sedang dipertimbangkan ABAC Indonesia, yaitu A Concerted Community Moving Towards Balanced and Inclusive Growth; A Partnership for Growth and Prosperity; dan Enhancing Partnership, Promoting Growth and Prosperity for All.

Terkait penyelenggaraan APEC CEO Summit 2013, menurut John, ABAC Indonesia mengharapkan sekitar 1500-2000 pengusaha domestik maupun mancanegara dapat hadir dalam pertemuan tersebut. Untuk itu, ABAC Indonesia mulai melakukan penjajakan kerjasama dengan berbagai institusi internasional dan domestik, seperti US NCAPEC, Asia Inc. Forum, RMIT, KEN, KADIN, dan Apindo.

Sebagai informasi, ABAC Indonesia merupakan anggota ABAC Internasional yang dibentuk oleh APEC Leaders pada 1995 di Osaka, Jepang dengan tujuan memberikan saran dan sudut pandang bisnis dalam kerjasama ekonomi negara anggota APEC. Saat ini, ABAC Indonesia beranggotakan 3 orang pengusaha, yaitu John A. Prasetio selaku Ketua merangkap anggota, Anindya Bakrie, dan Wisnhu Wardhana sebagai anggota. (Budi Prayitno, Staf pada Asdep Industri, UKM, Perdagangan, dan Ketenagakerjaan).