Sabtu, 18 Agustus 2012 - 21:03 WIB
1 Syawal Jatuh Minggu 19 Agustus, Presiden Siang Ini Gelar Open House
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 645 kali



Sidang itsbat yang dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali menetapkan dan memutuskan 1 Syawal 1433 Hijriyah jatuh pada hari Ahad/Minggu, 19 Agustus 2012. Hal itu dikemukakan Menag saat memimpin sidang itsbat di auditorium Kemenag, Jl.MH.Thamrin, Jakarta, Sabtu (18/8) sore.

Menurut Menag, secara astronomi umur hilal telah menunjukkan tidak ada keraguan sedikitpun bahwa hilal telah dapat dilihat secara meyakinkan. “Demikian juga pantauan rukyah dari lembaga dan ormas Islam bahwa hilal bisa dirukyah dan terlihat dibeberapa tempat seperti di Kupang, NTT dan di Makassar, Sulsel,” jelas Menag.

Menag menambahkan, keterangan-keterangan yang berdasarkan hisab tidak ada perbedaan dan satu sama lain, saling meyakinkan, dan tidak ada keraguan sedikitpun tidak perlu ada pembahasan lebih lanjut tetang penentuan 1 Syawal tersebut. “Setuju,” jawab peserta sidang Isbat.

Sebelum mengakhiri sidang, Menag mengetuk palu sebagai tanda bahwa hasil Itsbat ini sudah menjadi keputusan.

Sidang Itsbat ini dihadiri sejumlah pimpinan ormas Islam, instansi dan lembaga terkait, dan sejumlah kepala perwakilan negara sahabat.

Open House Presiden

Sementara itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono dijadwalkan melaksanakan sholat Idul Fitri 1433 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Minggu (19/8) pukul 07.00 WIB.

Sehabis melaksanakan sholat Idul Fitri, Presiden dan Ibu Negara Ani Yudhoyono pada pukul 10.00 – 12.00 di Istana Negara, akan menerima silaturahmi dari pimpinan lembaga negara, para duta besar negara sahabat, para menteri dan pejabat setingkat menteri, para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), dan pimpinan BUMN.

Siang hari, tepatnya pukul 15.00 – 16.00, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Presiden dan Ibu Negara akan menggelar Open House untuk menerima kedatangan masyarakat yang akan menyampaikan ucapan Selamat idul Fitri 1433 H. (Wid/ES)