Jumat, 25 Januari 2013 - 10:04 WIB
Pemerintah Proses Penanganan Tenaga Honorer K1 51 Instansi
Oleh : DESK INFORMASI
- Dibaca: 4451 kali



Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) saat ini tengah menangani proses pengangkatan Tenaga Honorer Kategori I (K1) atau yang pendapatannya dibayar melalaui APBN dan APBD dari 51 instansi Pusat dan Daerah.

Sekretaris Kementerian PAN-RB, Tasdik Kinanto, dalam suratnya kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah, Selasa (22/1) menyebutkan, dari 51 instansi itu sebanyak 32 Instansi sedang dalam proses Audit dengan Tujuan Tertentu, 7 daerah dalam penanganan khusus, dan 4 kementerian serta 8 daerah sedang dalam penelitian kembali.

Ia menyebutkan 32 instansi yang dalam proses ATT adalah: Prov. Papua; Kaltim; Bali; Sulbar; Kepri; DKI Jakarta; Kota Sabang; Kotamobagu; Medan; Kota Bekasi; Kab. Tulang Bawang; Toli-toli; Solok Selatan; Simeulue; Seram Bag. Barat; Rote Ndao; Mimika; Manggarai Barat; Luwu Utara; Bolaang Mongondow; Aceh Taming; Aceh Singkil; Seram Bam Timur; Purworejo; Ogan Komering Ulu; Nganjuk; Kab. Bekasi; Aceh Tenggara; dan Aceh Besar.

Sedangkan 7 (tujuh) daerah yang dalam proses penanganan khusus adalah: Kab. Aceh Jaya; Teluk Wondama; Lanny Jaya; Raja Ampat; Merauke; Kab. Sorong: dan Kota Sorong.

Sementara 4 (empat) kementerian dan 8 (delapan) daerah yang dalam proses penelitian kembali adalah: Kementerian Agama; Kementerian Pekerjaan Umum; Kementerian Pendidilkan Nasional; Kementerian Komunikasi dan Informasi: Prov Banten; Sulawesi Tengah; Jabar; Kab. Serang; Kab Bangkalan; Ogan Komering Ulu Timur; Musi Banyuasin; dan Kab. Lebak.

"Apabila Kementerian/Lembaga dan Daerah memerlukan penjelasan, terutama menyangkut proses ATT dan penanganan khusus serta penelitian kembali, kami siap melayani," tullis Tasdik.

Tenaga Honorer K2

Sementara itu terhadap tenaga honorer kategori II (K2), atau yang pendapatannya tidak dibayar melalui APBN/APBD, Kementerian PAN-RB merencanakan pada Juli 2013 ini akan melaksanakan ujian kompetensi dasar dan ujian komepetensi bidang secara tertulis secara serentak.

"Agustus/September akan ditetapkan formasi dan penempatan tenaga honorer kategori II per instansi secara nasional, dan diharapkan pada Januari 2014, masing-masing tenaga honorer K2 yang lolos seleksi sudah menerima penetapan SK Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masing-masing instansi. (Humas Menteri PAN-RB/ES)