Kamis, 28 Oktober 2010 - 08:57 WIB
Presiden Akan Keluarkan Inpres Penanganan Bencana
Oleh : presidensby.info
- Dibaca: 441 kali


Padang: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang langkah yang perlu dilakukan bagi daerah rawan bencana. "Inpres ini akan jadi pedoman provinsi yang punya daerah rawan untuk relokasi dan memikirkan mata pencaharian warga di tempat yang baru," kata Presiden SBY pada bagian lain arahannya dalam rapat koordinasi di Bandara Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/10) malam.

Rapat tersebut mendengar laporan Wapres Boediono dan Menko Kesra Agung Laksono soal perkembangan penanganan bencana Gunung Merapi, gempa dan tsunami di Mentawai, dan banjir di Wasior (Papua Barat). Dalam masalah Wasior, Menko Kesra melaporkan rencana pembangunan hunian sementara (huntara). Huntara ini sudah siap dibangun sesuai dengan jumlah pengungsi, hanya kekurangan tenaga dari satuan Zeni TNI. Sementara cetak biru relokasi sedang dipersiapkan.

"Sampaikan kepada BNPB, semua lokasi bencana di Wasior, Mentawai, dan Merapi dikelola dengan baik, terutama pelayanan kepada pengungsi," Presiden menegaskan.

Agung Laksono juga melaporkan, banyak pihak asing yang menawarkan bantuan di antaranya Jepang, PBB, Selandia Baru, dan Australia yang sudah menyerahkan bantuan 200 ribu dolar AS. "Pastikan semua bantuan diguunakan tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang diharapkan," kata SBY memberi arahan.