Thu, 04-11-2013 21:07 WIB
Lombok Utara Tawarkan Wisata Menunggang Kuda di Gili Trawangan
By : Desk Informasi
- Read: 2120 times



Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat mencoba menawarkan wisata menunggang kuda di Gili Trawangan, Kecamatan Pemenang guna menambah daya tarik objek wisata bahari itu.
    
Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lombok Utara Sinar Wugiyarno di Tanjung, Selasa (9/4), mengatakan wisata menunggang kuda mengelilingi Gili Trawangan itu masih dalam tahap uji coba untuk melihat sejauh mana minat wisatawan.
    
"Selama ini bersepeda mengelilingi Gili Trawangan sejauh 7 km itu cukup diminati wisatawan. Karena itu kita mencoba menawarkan wisata menunggang kuda sambil menikmati pemandangan alam di sekeliling objek wisata bahari itu," kata Sinar Wugiyarno.
   
Menurut Sinar, saat ini wisata menunggang kuda sudah dimulai oleh salah seorang pengusaha hotel bekerja sama dengan masyarakat setempat dan ternyata ada wisatawan yang berminat mencoba.
 Jika memang banyak peminatnya wisata menunggang kuda di pinggir pantai Gili trawangan itu akan dikembangkan.
     
Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lombok Utara ini meyakini, jika ini berhasil, maka akan meningkatkan pendapatan masyarakat di objek wisata Gili Trawangan. Jadi mereka tidak hanya mendapat penghasilan dari mengoperasikan "cidomo" (sejenis angkutan pedesaan), tetapi juga dari menyewakan kuda kepada para wisatawan.
    
"Dengan berkembangnya wisata menunggang kuda tersebut akan menambah daya tarik Gili Trawangan yang selama ini memang sudah mendunia. Destinasi wisata tersebut dikenal sebagai objek wisata bebas polusi, karena tidak ada kendaraan bermotor yang beroperasi di tempat wisata itu," kata Sinar.
    
Ia optimistis wisata menunggang kuda di pinggir pantai mengelilingi Gili Trawangan  ini akan diminati wisatawan, karena hingga kini belum banyak ditemukan di destinasi wisata lainnya di Indonesia.       

Menurut Sinar, setiap hari objek wisata Gili Trawangan dikunjungi sedikitnya 1.200 wisatawan mancanegara maupun Nusantara baik yang melalui kapal cepat dari Bali maupun menggunakan kapal motor dari Pelabuhan Bangsal dan Telok Nara.      
    
Secara keseluruhan pada 2012 jumlah wisatawan yang berkunjung ke ke Kabupaten Lombok Utara mencapai 400.000 orang terbanyak ke objek wisata Gili Trawangan.
   
 "Pada 2013 kita menargetkan kunjungan wisatawan meningkat menjadi 500 ribu wisatawan. Kita optimis target itu akan tercapai sejalan dengan semakin meningkatnya minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini," kata Sinar.
    
 Jka target kunjungan pada tahun 2013 di Kabupaten Lombok Utara tercapai, lanjut Sinar, ini berarti kabupaten Lombok Utara yang baru berusia empat tahun mampu menyumbang 40 persen dari target kunjungan wisatawan di Propinsi Nusa Tenggara Barat yang di tahun 2013 ini sebesar 2 juta wisatawan. (An/WID/ES)