Seskab: Dirgahayu Hari Bhayangkara ke-66


01 July 2012 oleh Desk Informasi

Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam menyampaikan selamat ulang tahun kepada jajaran Polri yang hari Minggu (1/7) berusia 66 tahun. "Dirgahuyu Hari Bhayangkara ke-66, semoga Polri terus bisa melaksanakan amanat bangsa," kata Seskab di Jakarta, Minggu (1/7) malam.

Seskab merasa perlu menyampaikan ucapan selamat itu, karena sebagaimana disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam amanatnya pada Peringatan ke-66 Hari Bhayangkara, banyak anggota Polri dengan penuh kesungguhan bertugas di pedalaman, wilayah perbatasan, wilayah terpencil, pulau-pulau terdepan, termasuk dalam mengemban misi perdamaian internasional.

"Tidak semua anggota Polri bermasalah. Banyak anggota Polri khususnya yang bertugas di pedalaman atau perbatasan sungguh-sungguh melaksanakan tugas menjaga kedaulatan NKRI semata-mata demi negara dan bangsa," ungkap Dipo.

Ia lantas menunjuk Ipda Riswan, anggota Polri yang penuh dedikasi yang mengorbankan hidupnya menjaga keamanan wilayah Papua, hingga mengalami kecelakaan saat kontak tembak dengan anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM), di Kalikepe, Timika, Papua, pada 7 Februari lalu.

Bulan Maret lalu, Seskab Dipo Alam bersama istri Niniek Dipo Alam didampingi Kapolri Jendral Timur Pradopo bersama istri Irianti Timur Pradopo menjenguk Ipda Irwan yang dirawat di RS Siloam, Bintaro, Tangerang, karena luka-luka yang dideritanya saat kecelakaan di Papua. "Sampai sekarang beliau masih dirawat di sana. Ini contoh betapa besar pengorbanan anggota Polri untuk negara, khususnya yang bertugas menjaga wilayah perbatasan atau kedaulatan NKRI," tuturnya.

Untuk itu, di tangah jajaran Polri memperingati Hari Bhayangkara ke-66, Seskab Dipo Alam mengajak masyarakat dan menilai, untuk memberikan penilaian positif peran Kepolisian dalam menegakkan keamanan masyarakat.

"Jangan menganggap polisi yang bertugas di Papua atau wilayah-wilayah rawan lainnya hanya sebagai petugas keamanan yang dibayar. Mereka bertugas semata-mata demi negara," ucap Dipo.

Diakui Seskab memang ada oknum polisi yang melakukan tindakan tidak terpuji, tapi itu tidak hanya polisi, ada juga oknum elemen masyarakat lainnya yang juga melakukan tindakan tidak terpuji ketika bertugas.

Semangat Tinggi

Mengenai Ipda Riswa, Seskab Dipo Alam mengungkapkan, dia adalah anggota Gegana Brimo yang memiliki semangat pengabdian tinggi. Dia pernah ditugaskan oleh Mantan Kapolri Da'I Bachtiar mengawal Dipo Alam dalam mencari upaya solusi di daerah-daerah konflik, seperti Aceh, Poso, dan Ambon.

Ipda Riswa beristrikan seorang dokter, dan dikaruniai 3 (tiga) anak yang masih kecil-kecil, yaitu Alifia Salsabila (11 tahun), Firman Jagat (7 tahun), Aleta Lutfiana (9 bulan).

(ES)