Soal Tes CPNS Siap Digandakan


05 September 2012 oleh Desk Informasi

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi KemenPAN-RB menyatakan master soal bahan penyelenggaraan tes  calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah siap digandakan oleh percetakan. Master soal dijamin kerahasiaannya karena dilindungi kode khusus.

Tes CPNS akan dilangsungkan serentak di seluruh Indonesia pada 8 September 2012, dan . seluruh proses percetakan dan penggandaan soal tes sudah tuntas pada Jumat (7/9). Setiap lembaran soal dimasukkan ke dalam amplop disesuaikan dengan tingkat pendidikan (D1, DII/III, S1) dan jumlah peserta, ditambah lima persen sebagai cadangan.

Sejumlah daerah, misalnya Jawa Timur, Kabupaten Tuba dan Kabupaten Kubu Raya  memilih untuk tidak membawa sendiri master soal yang mulai dibagikan  (27/8), dan meminta pihak KemenPAN-RB dan Lemsaneg untuk mengantar pada hari yang disepakati.

Di Kabupaten Tulangbawang (Tuba), master soal diserahkan pada Minggu (2/9), dari Kementerian Pendayaguaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemPAN-RB) kepada Pemkab Tuba yang diterima oleh Sekda Kabupaten Tuba Darwis Fauzi, di percetakan Ganesa, Bandarlampung. Tim Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) ikut menyaksikan dalam acara ini, termasuk dari aparat kepolisian.

Dalam proses selanjutnya, master tersebut diserahkan ke percetakan disaksikan oleh pejabat KemenPAN-RB dan (Lemsaneg). Setelah  ditransfer,  master soal  langsung dihapus.

Aparat kepolisian mengamankan kerahasiaan soal, walau dokumen tersebut sudah dienkripsi menggunakan kode khusus  yang hanya diketahui oleh tim khusus dari Lemsaneg.

Setelah proses percetakan dan penggandaan selesai, disiapkan berita acara pemusnahan naskah sisa soal ujian dan naskah soal ujian yang telah dipergunakan serta sisa formulir lembar jawaban komputer (LJK). Ini sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN)  tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan CPNS.

Kode Rahasia


Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) Tasdik Kinanto mengatakan, master soal dibagikan dalam bentuk flash disk,  untuk segera digandakan oleh masing-masing instansi.

Tahun ini penerimaan CPNS berlangsung pada 8 September di 22 instansi pusat untuk 13.034 orang CPNS baru, 24 pemerintah daerah untuk 2.737 orang dan ikatan dinas sebanyak 4.219 orang.

Flash disk tersebut dijamin kerahasiannya karena sudah diberikan kode rahasia yang hanya dapat dibuka oleh Lemsaneg. Sehingga jika instansi atau pemerintah daerah ingin membukanya harus menunggu petugas dari Lemsaneg datang dengan waktu sesuai perjanjian antara keduanya. “Mereka mengenkripsi master soal itu sehingga tidak mungkin dibuka oleh orang sembarangan,” kata Tasdik usai acara Serah Terima Master Soal di Jakarta.
 
Tasdik mengungkapkan, tidak semua pemerintah daerah  mau menerima master soal tersebut  lebih awal. Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Tulang Bawang (Lampung) dan Kubu Raya (Kalimantan Barat) menginginkan master soal itu diberikan dua hari sebelum tanggal pelaksanaan ujian. Mereka beralasan demi keamanan meminta petugas dari Lemsaneg membawanya dan langsung membukanya untuk segera dicetak.

Dia melanjutkan, soal dibagi atas empat kategori, yakni 50 soal untuk tes wawasan kebangsaan, 50 soal tes pengetahuan umum, dan jumlah soal terbanyak ialah tes katakteristik pribadi yang mencapai 100 soal dengan waktu ujian yang dibatasi hanya 2,5 jam saja.

(menpan.go.id/WID)