Penyuluh Kehutanan dan Penata Ruang Juga Peroleh Tunjangan Jabatan Fungsional


17 March 2013 oleh Desk Informasi

Selain memberikan tunjangan jabatan fungsional untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) pemegang beberapa jabatan di bidang pertanian, analis kepegawaian dan polisi kehutanan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga memberikan tunjangan jabatan fungsional untuk pemegang jabatan Penyuluh Kehutanan dan Penata Ruang. Pemberian tunjangan ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2013 dan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2013 tertanggal 1 Maret 2013.

Dalam kedua Perpres itu disebutkan, pemberian tunjangan jabatan fungsional dimaksudkan untuk meningkatkan mutu, prestasi, produktivitas kerja, dan pengabdian PNS yang bersangkutan.

Tunjangan jabatan untuk Penyuluh Kehutanan dan Penata Ruang diberikan setiap bulan, sejak kedua Perpres itu diberlakukan, yang besarnya tercantum dalam lampiran Perpres tersebut.

“Pemberian tunjangan jabatan dihentikan apabila PNS yang dimaksud diangkat dalam jabatan struktural atau jabatan fungsional lain atau karena hal lain yang mengakibatkan pemberian tunjangan dihentikan seusai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Pasal 5 Perpres No. 19/2013 dan Perpres No. 20/2013.

Adapun besarnya tunjangan jabatan fungsional Penyuluh Pertanian sebagaimana tercantum dalam lampiran Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2013 adalah:

Adapun besarnya tunjangan jabatan fungsional Penata Ruang sebagaimana tercantum dalam lampiran Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2013 adalah:

(Pusdatin, ES)