Kamis, 05 Juli 2012 - 08:09 WIB
5 Kabupaten Ikuti Workshop Pangan di Aceh Tengah
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 1277 kali



Wakil dari 5 (Lima) Kabupaten yaitu Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Tengah melakukan kegiatan Workshop Pengurus dan Pendamping Desa Mandiri Pangan (Demapan) yang berlangsung mulai Rabu (4/7) hingga 2 hari kedepan di Hotel Bayu Hill, Takengon, Aceh Tengah.

Workshop yang melibatkan 5 kabupaten tersebut, Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan dan penyuluhan Aceh, Ir. Muzakkir Ismail, MSc ditujukan untuk meningkatkan kapasitas petugas, pendamping dan pengurus Demapan dalam memanfaatkan program beserta pendanaan yang diberikan melalui kegiatan-kegiatan produktif, dan berorientasi pada penguatan pangan ditingkat pedesaan.

Muzakkir mengatakan biaya rumah tangga untuk pangan sangatlah besar, ditambah lagi Kemampuan untuk menyediakan pangan dibanding dengan pertambahan jumlah penduduk juga tidak seimbang, sehingga upaya untuk menyediakan kebutuhan panggan menjadi suatu urgensi yang harus dipenuhi secara berkelanjutan."Saat ini diperlukan upaya pembenahan dan pengelolaan pangan yang lebih terarah dan desa atau kampung menjadi tempat yang tepat untuk memulainya", ungkap Muzzakir disela-sela acara Workshop.

Namun demikian, program Demapan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2006, setelah dievaluasi ada yang telah berhasil dan ada pula yang menemui kegagalan, sehingga diperlukan upaya terus-menerus agar tren keberhasilan program dapat ditingkatkan.

“Sosialisasi berkelanjutan dalam bentuk workshop yang dilaksanakan merupakan salah satu langkah efektif dalam melakukan pembinaan dan mencari penyelesaian permasalahan yang dihadapi dalam menyukseskan program Demapan", jelasnya.

Dilain pihak, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah, Karimansyah, SE, MM ketika mewakili Bupati Aceh Tengah pada pembukaan workshop mengatakan, kegiatan workshop yang diselenggarakan akan sangat berarti dalam meningkatkan kapasitas pengurus Demapan yang pada akhirnya berguna bagi peningkatan ketahanan pengan masyarakat

"Kami menilai Workshop yang dilaksanakan sangat bermanfaat dalam rangka pemantapan pelaksanaan Program aksi mandiri pangan khususnya di lima Kabupaten tersebut", katanya.

Besarnya harapan agar program Demapan yang dilaksanakan dapat menyentuh sasaran serta memberikan kemanfaatan yang besar bagi masyarakat, menurut Karimansyah, menjadi pertimbangan utama diperlukannya pembinaan dan arah yang tepat agar pendanaan yang digulirkan dapat diserap secara efektif danm efisien.

Selain itu, Karimansyah mengatakan yang lebih penting lagi adalah bagaimana mempercepat reaksi masyarakat untuk berdaya dalam memanfaatkan sumberdaya lokal yang dimilikinya sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup mereka.

"Workshop yang dilaksanakan pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pengurus Demapan dan membuatnya berkontribusi dalam mewujudkan kemandirian pangan khususnya pada lima kabupaten peserta workshop," demikian ujar Kariman.

Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Aceh Tengah, Adiyan, SE mengatakan total peserta yang mengikuti workshop berjumlah 36 orang yang berasal dari Kabupaten Aceh Tenggara 5 orang, Gayo Lues 5 orang, Bener Meriah 4 orang, Nagan Raya 6 orang dan Kabupaten Aceh Tengah selaku tuan rumah mengirim peserta paling banyak sejumlah 17 orang. "Para peserta nantinya akan dibimbing langsung oleh instruktrur dari Badan Ketahanan Pangan Nasional, untuk itu diharapkan agar workshop dapat diikuti dengan baik, sehingga hasil yang dicapai juga optimal", pungkas Adiyan (Humas pemkab Aceh Tengah/ES)