Selasa, 17 Juli 2012 - 23:06 WIB
TNI Manunggal KB Kesehatan Kembali Digelar di Aceh Tengah
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 853 kali



Pelaksanaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal KB dan Kesehatan (TMKK) tahun 2012 kembali digelar di Kabupaten Aceh Tengah, Nagroe Aceh Darussalam (NAD), Senin (16/7), tepatnya di Kampung Empu Balik Kecamatan Kute Panang. Berbagai program dalam menyukseskan TMKK telah direncanakan, diantaranya dengan melakukan sunat massal, dan pelayanan kesehatan masyarakat lainnya.

Sekda Aceh Tengah, Drs. H. Taufik, MM mewakili Pj Bupati menilai TMKK merupakan wujud partisipasi dan kerjasama Pemerintah Daerah dan pihak TNI dalam hal ini Kodim 0106 Aceh Tengah guna memberikan pelayanan kesehatan. Walaupun menurut Taufik secara rutin penanganan kesehatan telah dilakukan oleh unit kerja pemerintah daerah setempat melalui tenaga medis yang bertugas pada Rumah Sakit Daerah, Puskesmas yang ada pada setiap Kecamatan, serta Polindes dan Posyandu yang terdapat pada setiap kampung.

Namun demikian, Taufik mengatakan kegiatan hari itu menjadi esensial karena selain memberikan pelayanan kesehatan secara massal  juga dilakukan penyuluhan kesehatan sebagai upaya preventif mencegah terjadinya penurunan derajat kesehatan masyarakat lebih luas.

“Terganggunya kesehatan akan memberikan dampak yang luas bagi kualitas hidup masyarakat, sehingga upaya penanganan berkelanjutan merupakan solusi terbaik dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tukasnya.

Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol  Inf.  Sarwoyadi mengatakan kegiatan TMKK yang dilakukan di Kecamatan Kute Panang merupakan pencanangan kegiatan KB dan kesehatan masyarakat secara simbolik, sedangkan untuk kecamatan lain di kabupaten tersebut dilaksanakan pada masing-masing puskesmas, posyandu dan polindes yang ada secara serentak.

“Melalui pencanangan  TMKK diharapkan seluruh unit kesehatan di setiap kampung dan kecamatan dibantu dengan pihak TNI dapat menyelenggarakan pelayanan dan penyuluhan kesehatan secara missal,” kata Sarwoyadi.

Kapolres Aceh Tenga AKBP Dicky Sonadni SIK,MH ketia diminta tanggapanny aseputar pelaksana nTenatara Manunggal KB Kes tahun 2012,menyatakan kegiatan ini sangat positif apalagi menyangkut dengan Program keluarga Berencana (KB) dalam rangka untuk mengatur jarak kelahiran sekalgus mencerdaskan dan mensejahterakan.         

Selain segenap masyarakat Kecamatan Kute Panang, tampak hadir pada acara pembukaan kegiatan TMKK hari itu Kapolres Aceh Tengah AKBP. Dicky Sondani, Ketua MPU Aceh Tengah Tgk. Mohd. Ali Djadun, segenap kepala SKPK terkait dan jajaran Kodim 0106.

(Humas Pemkab Aceh Tengah/ES)