Kamis, 21 Februari 2013 - 19:15 WIB
Bandara Kulon Progo Tetap Akan Dibangun
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 2321 kali



Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, optimistis rencana pembangunan bandara internasional di wilayah itu tidak akan terpengaruh mundurnya calon investor GVK India.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menegaskan, andara yang akan dibangun merupakan sarana umum seperti halnya membangun jalan dan pelabuhan. Karena itu tidak terpengaruh maju mundurnya investor.

"Bandara adalah ide pemerintah bukan investor. Jadi dapat dibangun secara bertahap atau multiyears," kata Hasto di Kulon Progo, DIY, kemarin.

Menurut Hasto, selama ini GVK India masih sebatas konsultan yang bersama-sama PT Angkasa Pura menyusun studi kelayakan hingga rencana induk pembangunan bandara.

"Kemarin, memang GVK India diminta bantuan untuk membuat rencana induk, studi kelayangan dan pra studi kelayakan. Sehingga tidak pas, jika dikatan GVK India mundur sebagai calon investor," kata Hasto.

Ide pembangunan bandara tersebut berawal dari gagasan Pemerintah DIY yang disambut baik Pemkab Kulon Progo. Ide tersebut kemudian disampaikan ke Kementerian Perhubungan dan menjadi program kementerian.

Hasto menjelaskan, saat ini, di Indonesia ada beberapa titik bandara yang perlu dipindah. Salah satunya bandara di DIY karena kapasitasnya tidak memungkinkan lagi untuk menampung pertumbuhan penumpang.

"Kami masih menunggu kepastian pertemuan dengan PT Angkasa Pura dengan Pemerintah DIY dan Kemenhub. Kami ingin mendorong agar tahapan segera dijalankan. Walaupun kami juga memahami saat ini PT Angkasa Pura sedang melakukan reorganisasi ke dalam," kata Hasto. (AN/ES)