Kamis, 12 Juli 2012 - 13:41 WIB
SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PADA UPACARA PRASETYA PERWIRA TENTARA NASIONAL INDONESIA DAN PERWIRA POLRI TAHUN 2012 Magelang, 12 Juli 2012
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 870 kali


Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Para Perwira Remaja TNI dan Polri yang saya cintai dan saya banggakan,
Hadirin sekalian yang saya muliakan,
Dengan penuh rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, pada hari yang bersejarah dan istimewa ini, kita dapat menghadiri Upacara Prasetya Perwira Tentara Nasional Indonesia dan Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia Tahun 2012.

Saya ingin menggunakan kesempatan yang membahagiakan ini, untuk menyampaikan ucapan selamat kepada para Perwira Remaja TNI dan Polri yang baru saja saya lantik. Para Perwira telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dengan baik, dan meng-antarkan kalian menjadi seorang Perwira Remaja yang siap mendharmabhaktikan jiwa dan raga, untuk bangsa dan negara tercinta.

Secara khusus, saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada para Perwira Remaja TNI yang selain dilantik menjadi Perwira, juga berhak menyandang gelar Sarjana Sain Terapan Pertahanan. Dengan gelar kesarjanaan yang diraih, saya yakin para Perwira dapat mengemban tugas negara dengan lebih baik lagi, serta lebih siap menghadapi berbagai persoalan dan dinamika penugasan di dunia militer, yang semakin sarat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi maju.

Mulai hari ini dan ke depan, para Perwira akan menjalani profesi di bidang ketentaraan dan kepolisian, di tempat penugasan masing-masing di seluruh tanah air. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan baik agar setiap penugasan yang dibebankan dapat terlaksana dan berhasil dengan sukses. Kalian akan menempuh perjalanan panjang dalam pengabdian sebagai seorang tentara dan polisi. Profesi yang berat tetapi mulia. Profesi yang menuntut kesiapan fisik, mental, dan pengetahuan, serta tidak pernah sepi dari ujian dan cobaan. Hanya mereka yang kuat, teguh, sabar, dan ikhlas, dalam menjalankan tugaslah yang akan benar-benar sukses termasuk akan mencapai puncak-puncak karir sebagaimana yang dicita-citakan oleh para Perwira semua.

Para Perwira Remaja yang saya cintai,
Prasetya Perwira TNI dan Polri merupakan tonggak awal dari dharma bhakti para Perwira Remaja, untuk membhaktikan diri kepada rakyat, bangsa, dan negara. Sebagai perwira TNI, dipundak kalian terpikul beban tugas untuk mengawal dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai perwira Polri, kalian dituntut untuk memberikan rasa aman, ketertiban, dan ketentraman, kepada masyarakat.

Para Perwira memulai penugasan sebagai Perwira Remaja TNI dan Polri, di tengah dunia yang sangat dinamis. Dunia yang menghadirkan berbagai bentuk ancaman dan tantangan pertahanan dan keamanan yang semakin kompleks, dan mungkin belum pernah terbayangkan di benak para perwira sekalian. Semakin bermunculannya non state actor dalam konstelasi dunia yang terus berubah, tentu menuntut para perwira muda untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas di berbagai bidang.

Pada sisi lain, para Perwira harus lebih memahami, bahwa kebijakan negara dalam menghadapi persoalan dunia, senantiasa mengedepankan pendekatan yang bersifat damai, tapi aktif dan kontributif di dalam menemukan solusi. Dewasa ini, sesuai amanah UUD 1945 Indonesia aktif berperan dan bekerjasama dengan negara-negara lain untuk mengatasi masalah global, termasuk menjaga keamanan dan perdamaian dunia. Untuk itu, segenap jajaran pertahanan dan keamanan kita, nantinya termasuk para Perwira Remaja, harus siap mengemban tugas yang penuh tantangan itu.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Saat ini dan ke depan, TNI sebagai komponen utama pertahanan negara akan menghadapi tantangan yang tidak ringan dan semakin kompleks. Kita mencermati potensi ketidakstabilan di kawasan regional yang tidak terlepas dari kepentingan, persaingan, dan ketegangan di antara negara-negara tertentu. Pada saat yang sama belanja militer negara-negara di kawasan, khususnya Asia juga cenderung meningkat, yang berdampak pada perubahan konstelasi kekuatan dan kemampuan militer di kawasan.

Namun, dinamika perkembangan seperti itu harus pula dipandang sebagai konsekuensi logis dari perekonomian Asia yang terus tumbuh. Negara-negara di Asia semakin mampu, membelanjakan anggaran yang lebih banyak untuk pertahanan negaranya.

Di Indonesia juga sedang berlangsung hal yang sama. Selama beberapa waktu yang lalu, karena keterbatasan anggaran, negara hanya mengalokasikan sedikit sumber daya bagi anggaran pertahanan. Akibatnya postur pertahanan negara kita berada pada tingkat yang sangat minimal. Alhamdulillah, saat ini ekonomi Indonesia tumbuh baik, menjadi negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, dan bahkan nomor 16 di dunia. Dengan kemampuan yang makin tinggi, pemerintah dapat mengalokasikan porsi anggaran nasional yang lebih besar untuk kepentingan pertahanan dan keamanan kita. Oleh karena itu, pada kurun waktu 5 tahun ini kita melaksanakan pembangunan kekuatan dan modernisasi alutsista secara sangat signifikan.

Tujuan utama modernisasi alutsista yang kita lakukan semata-mata untuk kepentingan dan tujuan yang mulia; hakikatnya untuk menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah Indonesia. Benar, bangsa Indonesia cinta damai, tetapi kedaulatan dan keutuhan wilayah adalah harga mati. Postur militer dan kepolisian yang kita bangun dan tingkatkan juga untuk meningkatkan kapasitas TNI dalam melindungi perbatasan; untuk melawan ancaman transnasional; serta untuk meningkatkan kontribusi dalam operasi pemeliharaan perdamaian di seluruh dunia. Melalui modernisasi alutsista kita juga menjadi lebih siap, baik dalam melakukan operasi militer selain perang, maupun untuk melakukan berbagai operasi khusus pertahanan dan keamanan.

Seiring dengan modernisasi alutsista yang sedang dilaksanakan utamanya di jajaran TNI saat ini, tentu diperlukan perwira-perwira muda yang handal, untuk mengawaki berbagai alutsista modern, yang telah dan akan segera kita miliki. Persiapkan diri kalian baik-baik, dan asahlah terus pengetahuan dan kemampuan kalian, agar bisa mengemban tugas-tugas yang penting ini.

Para Perwira Remaja yang saya cintai dan saya banggakan,
Hadirin sekalian yang saya muliakan.
Sebagaimana kita pahami bersama, saat ini di dunia kemiliteran, strategi, taktik, doktrin, dan sistem kesenjataan, terus berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ini tentu berpengaruh terhadap corak dan karakter dari peperangan dan pertempuran, serta pendidikan dan pelatihan yang mesti dilakukan di masa kini dan masa mendatang.

Di sisi lain, kita juga patut mencermati kompleksitas pengelolaan pertahanan dan keamanan nasional, seiring dengan munculnya berbagai isu universal, seperti hak asasi manusia, demokrasi, lingkungan hidup, good governance, dan isu-isu global lainnya. Semuanya itu, menuntut kemampuan dan kesiapan segenap anggota TNI, untuk tetap dapat melaksanakan tugas pokok, seraya menghormati nilai dan tatatan yang berlaku secara universal tersebut.

Bagi para Perwira Remaja Polri, kalian semua harus memiliki kemampuan dan profesionalisme untuk menangani berbagai bentuk pelanggaran hukum. Para Perwira juga bertugas untuk memberantas tindak kejahatan, memelihara keamanan dan ketertiban publik, serta memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat dengan baik. Ingat, di era global saat ini, kejahatan yang harus ditumpas bukan hanya kejahatan tradisional, tetapi juga berbagai bentuk kejahatan transnasional.

Bentuk, pola, perilaku, dan alat kejahatan, telah semakin beragam dan canggih. Karena itu, Polri harus mampu menggunguli kemampuan para pelaku kejahatan, dan mampu menaklukkan kecanggihan peralatannya. Semuanya itu menuntut kualitas sumber daya Polri yang andal, cerdas, bermental kuat, serta menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Para Perwira Remaja TNI & Polri yang saya banggakan,
Sejalan dengan apa yang telah saya sampaikan tadi, kepada para Perwira Remaja TNI, saya perintahkan agar kalian terus memelihara, meningkatkan, dan mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang telah kalian peroleh selama mengikuti pendidikan di Akademi. Dukung dan perkuat kapabilitas dan profesionalitas TNI, sebagai alat dan komponen utama pertahanan negara yang makin profesional, kuat, dan mandiri, sebagaimana yang diinginkan dan didambakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Kepada para Perwira Remaja Polri, saya instruksikan untuk selalu menjunjung tinggi profesionalisme, serta bersikap antisipatif dan responsif untuk menegakkan hukum dan mengatasi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat. Cegah dan bebaskan tuduhan sejumlah pihak bahwa seolah Polri melakukan pembiaran atas perilaku kalangan masyarakat tertentu yang melakukan kekerasan dan pelanggaran hukum. Berikan rasa aman, tentram, dan tertib, di lingkungan masyarakat. Tugas kalian sering berat dan kompleks. Oleh karena itu cegah penyimpangan dan tetaplah bertindak secara profesional dan proporsional.

Akhirnya kepada para orangtua, baik yang hadir di sini maupun yang berada di tempat masing-masing, saya mengucapkan selamat atas keberhasilan putra-putri bapak-ibu sekalian. Iringilah dengan do’a, perjalanan para kesatria muda ini, agar senantiasa sukses dalam karier, dan kelak menjadi pemimpin-pemimpin TNI dan Polri yang handal, teguh, dan berhasil.

Kepada para dosen, pelatih dan pengasuh dari jajaran Akademi TNI dan Akademi Kepolisian, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengabdian saudara-saudara, dalam mendidik dan mengembleng para Perwira Remaja yang dilantik hari ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, memberikan kemudahan, jalan yang lapang, serta rahmat dan ridho-Nya, mengiringi derap langkah para pewira muda dalam mengemban tugas negara yang mulia ini.

Selamat bertugas!
Terima kasih,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Magelang, 12 Juli 2012
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO